|___Home___|___Musik___|___Computer___|___Software___|___Motivasi___|___Kuliner___|
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 13 Februari 2011

Wisata Kuliner di Cirebon

Posted by ryan 05.29, under | 2 comments

Cirebon yang terletak di Propinsi Jawa Barat atau sering terkenal dengan nama Kota Udang, juga terkenal dengan kulinernya. Hmm ..yummy!

Nasi Lengko
1. Nasi Lengko
Nama makanan ini adalah Nasi Lengko. Lauk pauknya antara lain tempe, tahu goreng, toge, timun, sambel, kecap, daun kucai dan bawang goreng. Bisa juga ditambah dengan Sate Kambing. Seporsi Nasi Lengko itu harganya Rp 7.000 dan Sate Kambing untuk 10 tusuk seharga Rp 18.000.


Nasi Jamblang
2. Nasi Jamblang
Jamblang diambil dari nama salah satu Kecamatan di Cirebon. Tidak ada yg istimewa dari nasi jamblang. Yang membedakan hanyalah cara membungkusnya yaitu dibungkus dengan daun jati. lauk nya bermacam-macam ada sambal goreng. tahu, tempe, ikan asin. sate kentang, sate puyuh, sate kerang, tahu sayur, perkedel dan msh bnyk yg lain nya. Harga nya pun relatif murah mulai dari Rp 1.000-5.000

Empal Gentong
3. Empal Gentong
Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi.Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah tani, kabupaten Cirebon. Harga nya mulai dari Rp.5000 saja.

Docang
4. Docang
Docang adalah makanan khas Cirebon, yang merupakan perpaduan dari Lontong, Daun Singkong, Toge, Krupuk yang berkolaborasi sayur Dage/Tempe Gembos (yang dihancurkan) serta di kombinasikan dengan parutan kelapa muda.Makanan ini mempunyai rasa khas yang gurih dan nikmat apabila disajikan dalam keadaan panas/hangat. Harga nya relatif murah mulai dari Rp 3.000 per porsi nya.

Tahu Gejrot
5. Tahu Gejrot
Nama tahu gejrot memang cukup unik untuk sebagian orang. Karena memang proses penyajiannya dengan digejrot-gejrot. Bahan-bahannya simpel hanya tahu, cabe, bawang merah dan air asam manis. Yang dalam proses penyajian nya yang digejrot adalah air asam manis ke atas tahu. Harga nya murah cuma Rp 2.000 per porsi.

Kerupuk Melarat
6. Kerupuk Melarat
Kata melarat dari kerupuk melarat ini diambil karena proses penggorengan kerupuk nya bukan dengan menggunakan minyak goreng, tetapi memakai pasir. Pasir yang dipakai menggoreng sudah benar-benar bersih. Kerupuk ini lebih enak kalo disantap dengan sambal. Harga nya mulai Rp 3.000 per bungkus nya.


Sirup Tjampolay
7. Sirup Tajmpolay
Sirup Tajmpolay adalah salah satu minuman khas Cirebon. Apa itu buah tjampolay? Orang indonesia keturunan tionghoa yang bicara dengan logat totoknya menyebut cempedak sebagai campilak.. tapi jika dilihat dari bentuk buahnya jadi seperti lychee. Rasa nya beraneka ragam ada rasa rossen, asam jeruk dan nanas, kini tersedia sirup Tjampolay rasa pisang susu, melon, leci, mangga gedong --yang menjadi ciri khas kota ini -- jeruk nipis dan kopi moka. Harga nya Rp 15.000 untuk saat ini.


Nah, gimana? Tertarik untuk mampir ke Cirebon??

2 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive


HITUNG Kecocokan Kamu dengan Pasangan!
+=


Label

Arsip Blog